Olivia, Olivia (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Peta konsep Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Fluida. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_OLIVIA_16033025_925_2021.pdf [thumbnail of B1_05_OLIVIA_16033025_925_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_OLIVIA_16033025_925_2021.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik
untuk menjadi kreatif, aktif serta mandiri. Hal ini dapat tercapai apabila adanya
bahan ajar yang mampu meningkatkan keaktifan, kekreatifan serta kemandirian
peserta didik. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa belum tersedianya
bahan ajar yang dapat meningkatkan kekreatifan peserta didik. Pada umumnya
bahan ajar yang ada disekolah berupa buku paket dan belum menyajikan bahan
ajar berbantuan peta konsep.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis peta konsep menggunakan model Problem Based Learning pada
materi Fluida untuk kelas 11 sekolah menengah atas atau sederajat. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan tahapan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagrajan. Pada penelitian
ini akan dibatasi sampai tahap develop, sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu
define, design, dan develop. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
LKPD berbasis peta konsep dengan model problem based learning .
Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui
lembar validitas. Lembar validitas berisi empat komponen yang dinilai oleh tiga
validator. Data yang didapatkan dari para validator diolah menggunakan
persamaan moment kappa (k), dan di dapatkan hasil 0,73 yang didapatkan nilai
dengan kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis peta konsep
dengan model problem based learning pada materi fluida adalah valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, PETA KONSEP, PROBLEM BASED LEARNING RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D), MODEL 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23828 |