Nursyam, Nursyam (2013) Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil danFaktor Persekutuan Terbesar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SD Negeri 10 Sungai Lundang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURSYAM_09831_1993_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURSYAM_09831_1993_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURSYAM_09831_1993_2015.pdf
Download (762kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil(KPK) dan faktor persekutuan terbesar(FPB) masih rendah,karena tidak menghubungkandengankehidupan nyata siswa.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatanhasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning meliputi prencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Metode penelitian memakai pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dari proses pembelajaran KPK dan FPB dengan pendekatanCTL. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri10 Sungai Lundangsebanyak 16 orang. Prosedur penelitian dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian RPP siklus I rata-rata 81 dan siklus II rata-rata 88. Pada pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata89 dan siklus II rata-rata90. Aspek siswa diperoleh siklus I rata-rata68 dan siklus II rata-rata80. Penilaian kognitif pada siklus I rata-rata74 dan siklus II rata-rata 85. Afektifpada siklus I rata-rata 72 dan siklus II ratarata 75.Psikomotorpada siklus I rata-rata64 dan siklus II rata-rata 76. Dengan hasil yang diperoleh pada siklusI dan siklus II maka penelitian dikategorikan berhasil dan kesimpulannya hasil belajar KPK dan FPB dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan CTL.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23820 |