Mursiagama, Fadhil (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Android Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FADHIL_MURSIAGAMA_18004164_4378_2023.pdf [thumbnail of B1_03_FADHIL_MURSIAGAMA_18004164_4378_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FADHIL_MURSIAGAMA_18004164_4378_2023.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan adalah kegiatan dalam rangka pengembangan potensi dan
keterampilan secara optimal, sekaligus merupakan salah satu modal untuk
mencapai kemajuan bangsa dan meningkatkan harkat dan martabat manusia.
multimedia merupakan salah satu media yang mampu mendukung pembelajaran
siswa baik di sekolah maupun individu di rumah. Media pembelajaran dapat
dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran pada
keterampilan menyimak siswa, sehingga dapat membuat pembelajaran yang
menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP agar
menghasilkan media yang layak dan praktis digunakan oleh guru dan siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and
Development). Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan sesuai model 4D (Define,
Design, Development, disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dari instrumen penilaian
multimedia pembelajaran yang telan di modifikasi sesuai kebutuhan
pengembangan media dan angket respon siswa. Uji validitas produk dilakukan
oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang vaidator produk dn satu orang
validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada siswa/i kelas VII di SMP N
26 Padang.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media
dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh validator
media I yaitu 4,72 dan validator media II yaitu 4,48. Sedangkan hasil uji validasi
materi oleh validator materi pada produk multimedia pembelajaran yang telah
dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yaitu 4,66.
Penilaian dari peserta didik dinyatakan “Sangat Praktis” dengan skor rata-rata
4,44. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari multimedia
pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan “layak digunakan” dalam
proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23817 |