Meningkatkan hasil belajat siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Model Jigsaw di kelas IV SDN 01 Lembah Melintang,Kabupaten Pasaman Barat

Nursyakiyah, Nursyakiyah (2013) Meningkatkan hasil belajat siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Model Jigsaw di kelas IV SDN 01 Lembah Melintang,Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURSYAKIYAH_57117_2164_2013.pdf] Text
final_B1_6_NURSYAKIYAH_57117_2164_2013.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar (SD) bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Hal ini disebab karena guru dikelas masih dominan menggunakan metode ceramah dan guru belum bisa mengembangkan pemikiran siswa akan belajar lebih bermakna,serta guru masih berpokus pada buku paket saja saat mengajar, sehingga hal demikian siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep dalam pembelajaran IPS serta membuat siswa bosan dalam belajar IPS, adapun tujuan dalam pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning model jigsaw di kelas IV SDN 01 lembah Melintang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan cooperative learning model Jigsaw pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas, rancangan penelitian ini meliputi descriptor, rancangan tindakan berupa RPP, menyusun indikator, descriptor, criteria pengembangan IPS dengan langkahlangkah cooperative learning model jigsaw di kelas IV SDN 01 Lembah Melintang,Kabupaten Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dengan menggunakan cooperative learning model jigsaw ,maka didapat penilaian RPP siklus I pertemuan I 71,42%,Pertemuan II 75%, Siklus II pertemuan I 89,28%,Pertemuan II 96,43%. Penilaian aktivitas guru siklus I pertemuan I 72,2%,pertemuan II 78,78%,siklus II pertemuan I 88,88%,pertemuan II 91,66%. Aktivitas siswa pertemuan I 63,90%, pertemuan II 67,67%,siklus II pertemuan I 80,55%,pertemuan II 83,33%.Hasil belajar Pada siklus I pertemuan I rata-rata hasil belajarnya 59,55,pertemuan II rata-rata hasil belajarnya 64,61. kemudian dilakukan tindakan untuk siklus II pertemuan I rata-rata hasil belajar 72,56,,sedangkan pada pertemuan II rata-rata hasil belajarnya 79,71.Dengan demikian pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDN 01 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cooperative Learning Model Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:32
Last Modified: 10 Sep 2025 06:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item
View Item