Nursida, Nursida (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURSIDA_58364_3974_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURSIDA_58364_3974_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURSIDA_58364_3974_2012.pdf
Download (475kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dala m pembelajaran IPS, yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas dua siklus yaitu sisklus I dan II setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 14 Sungai aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan Cooperatif Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu terlihat dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Pada perencanaan mengalami peningkatan dari 73,2 siklus I menjadi 91 pada siklus II dan rata-ratanya adalah 82,1. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu 72,89 meningkat menjadi 87,5 pada siklus II, kemudian Pada pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I adalah 70,85 menjadi 87,52. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 72,4 dan siklus II diperoleh rata-rata 81,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23815 |