Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Gambar Seri di Kelas IV SDN 39 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Nurmawilis, Nurmawilis (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Gambar Seri di Kelas IV SDN 39 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURMAWILIS_09527_2829_2013.pdf] Text
final_B1_6_NURMAWILIS_09527_2829_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV SDN 39 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah pada akhir semester I tahun 2010 dan 2011, Maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Gambar Seri di Kelas IV SDN 39 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untuk pengolahan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I keterampilan siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan gambar seri yang diperoleh siswa baik dari penilaian hasil rataratanya pramenulis adalah 59,58 dengan persentase 60%, pada tahap penulisan adalah 65 dengan persentase 65% dan pada tahap pascapenulisan 66,3 dengan persentase 66%. Jadi pada siklus I target ketuntasan belum tercapai, karena target yang ketuntasan yang diharapkan adalah 70%. Pada siklus II hasil nilai siswa sudah mencapai nilai ketuntasan. Pada tahap prapenulisan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 75,4 dengan persentase ketuntasan 75%. Pada tahap penulisan rata-rata nilai siswa 83,3, sedangkan persentase ketuntasan yang diperoleh 83%, dan pada tahap pascapenulisan, rata-rata nilai siswa adalah 92,08, dengan ketuntasan 92%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Narasi dengan Gambar Seri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:42
Last Modified: 10 Sep 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item
View Item