Dampak Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang

Prasetya, Fachris Fajar (2018) Dampak Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FACHRIS_FAJAR_PRASETYA_1302365_4637_2018.pdf] Text
B1_03_FACHRIS_FAJAR_PRASETYA_1302365_4637_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penguasaan siswa terhadap suatu materi pembelajaran yang akan mengakibatkan sebagian besar hasil belajar siswa belum mencapai KKM pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) di kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah penerapan model pembelajaran yang belum menuntut peran aktif siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery learning untuk melihat hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 32 orang siswa. Dalam penelitian ini model pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest dan Posttest.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum penerapan model pembelajaran guided discovery learning sebesar 65,41 dan rata-rata nilai Posttest sebesar 87,0. Hasil perhitungan peningkatan hasil belajar siswa dengan mengguanakan rumus Effect Size diperoleh data senilai 2,7 dengan kategori besar. Data peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh dengan membandingkan tes awal (pretest) dan tes akhir (Posttest). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery learning berdampak dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:40
Last Modified: 10 Sep 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23793

Actions (login required)

View Item
View Item