Agusman, Yovet (2013) Hubungan Kebiasaan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Kelas 2 MO SMK Taman Siswa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_YOVET_ AGUSMAN_74217_947_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_YOVET_ AGUSMAN_74217_947_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_YOVET_ AGUSMAN_74217_947_2013.pdf
Download (986kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan wawancara penulis di SMK
Taman Siswa Padang. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran kelistrikan
otomotif siswa kelas 2 MO SMK Taman Siswa Padang, tidak terlepas dari
beberapa faktor yang mempengaruhinya. Kurang baiknya kebiasaan siswa dalam
belajar tersebut adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi
sikap dalam mengikuti pelajaran. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh
kebiasaan belajar dan seberapa kuat hubungannya dengan hasil belajar maka
penulis merumuskan masalah dalam hipotesis adalah sebagai berikut: “ Terdapat
hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar
pada mata pelajaran kelistrikan otomotif siswa kelas 2 MO di SMK Taman Siswa
Padang”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian korelasional adalah
untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MO di SMK Taman
Siswa Padang yang berjumlah 71 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 53% yaitu 38 orang. Data tentang kebiasaan belajar diperoleh dari
penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar mata pelajaran kelistrikan
otomotif diperoleh dari nilai ujian mid semester TA 2012-2013. Jenis analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi
Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi
r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil
penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi
(0,6406 0,320). hitung tabel r r Uji keberartian koefisien korelasi didapat
(5,005 1,688) hitung tabel t t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan yang diperoleh
adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa
dengan hasil belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif siswa kelas 2 MO di
SMK Taman Siswa Padang.
i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:39 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23789 |