Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Diklat Chasis dan Pemindah Tenaga di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Setiawan, Yon Rizky (2013) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Diklat Chasis dan Pemindah Tenaga di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_Yon_Rizky_Setiawan_76784_640_2013.pdf] Text
final_B1_10_Yon_Rizky_Setiawan_76784_640_2013.pdf

Download (357kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas
XI pada mata diklat chasis dan pemindah tenaga berdampak pada rendahnya hasil
belajar siswa kelas XI pada mata diklat chasis dan pemindah tenaga. Penelitian ini
bertujuan mengungkapkan hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar
siswa kelas XI di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kecamatan
Guguak-Payakumbuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah
terdapat hubungan yang berarti antara minat belajar dengan hasil belajar siswa
kelas XI TKR SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak pada mata Diklat chasis dan
pemindah tenaga.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis
deskriftif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI
Jurusan Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Tahun ajaran
2011/2012 sebanyak 53 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin untuk
menentukan ukuran sampelnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa minat
belajar pada mata diklat chasis dan pemindah tebaga siswa kelas XI di SMK
Negeri I Kecamatan Guguak baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang lebih baik dikelas, angka koefisien korelasi yang
didapat(r) = 0,478 dan besarnya kekuatan hubungan dari kedua variabel adalah
diperoleh (t) = 3,559 dan ini berarti Ha dterima pada taraf signifikan 95%, dan
minat belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,85% (koefisien
determinasi) pada taraf kepercayaan 99%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat
belajar memiliki hubungan yang berarti dan merupakan faktor penting yang dapat
mempengaruhi hasil belajar. Disamping itu masih ada faktor lain yang memiliki
peranan penting yang tidak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:37
Last Modified: 10 Sep 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23783

Actions (login required)

View Item
View Item