Yuni, Nurma (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURMA_YUNI_1307203_906_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURMA_YUNI_1307203_906_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURMA_YUNI_1307203_906_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan yang ditemukan di lapangan, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan lebih dominan sementara siswa lebih banyak diam serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Siswa belum dilatih untuk menemukan dan mengemukakan pendapatnya sendiri. Sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih dibawah angka ketuntasan minimal yang ditetapkan disekolah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperatif tipe Think Pair share. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 37 Alang Lawas dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi,wawancara,dokumentasi, dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian perencanaan (RPP) siklus I adalah 67,85 untuk siklus II rata-rata menjadi 82,14. Kemudian hasil penilaian tindakan guru dari siklus I dengan rata-rata 71,25 dan siklus II dengan rata-rata 83,75 Sedangkan hasil penilaian tindakan siswa dari siklus I dengan rata-rata 67,5 dan pada siklus II dengan rata-rata 82,5. Penilaian hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata siklus I 66,39 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,79. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Model Cooperatif Tipe Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:30 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23754 |