Sebastian, Wendi (2013) Pengaruh Penggunaan Media Makromedia Flash Player Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Diklat Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomoif Di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_WENDI_SEBASTIAN_1108126_333_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_WENDI_SEBASTIAN_1108126_333_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_WENDI_SEBASTIAN_1108126_333_2013.pdf
Download (692kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat
melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 5 Padang.
Rendahnya hasil belajar pada mata diklat sistem kelistrikan otomotif siswa kelas
XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang, tidak terlepas dari beberapa
faktor yang mempengaruhinya. Ketersediaan media pembelajaran yang optimal
dan mudah dimengerti oleh siswa tentunya akan meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh penggunaan media pada proses pembelajaran merupakan salah satu
faktor penting dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam
mengikuti pelajaran. Media pembelajaran dengan menggunakan makromedia
flash player merupakan salah satu media yang akan memperlancar proses
pembelajaran dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang
ditimbulkan oleh penggunaan media makromedia flash player dan seberapa kuat
pengaruhnya dengan hasil belajar siswa. Adapun hipotesis yang diajukan adalah
sebagai berikut: “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
penggunaan media makromedia flash player terhadap hasil belajar siswa kelas XI
teknik kendaraan ringan pada mata diklat perbaikan sistem kelistrikan otomotif di
SMK Negeri 5 Padang ”.
Penelitian ini bersifat eksperimen, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh antara media pembelajaran makromedia flash
player dengan hasil belajar siswa pada mata diklat perbaikan sistem kelistrikan
otomotif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 98 orang. Sampel
dalam penelitian ini diambilkan dari dua kelas yaitu kelas XI TKR 1 dan XI TKR
2 sebanyak 68 orang. Data pengaruh penggunaan media makromedia flash player
ini diperoleh dari penyebaran item soal. soal yang digunakan adalah soal yang
telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba soal dilakukan tanggal 29 september
2012 sampai dengan tanggal 11 oktober 2012 pada populasi yang berada di luar
sampel penelitian. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis deskiptif data, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh uji t yaitu t hitung > t tabel (1,84 >
1,697) pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media
makromedia flash player terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik kendaraan
ringan pada mata diklat perbaikan sistem kelistrikan otomotif di SMK Negeri 5
Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23752 |