Penggunaan Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 V Suku Bawah Kecamatan Candung

Nurlaili, Nurlaili (2012) Penggunaan Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 V Suku Bawah Kecamatan Candung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURLAILI_95327_2342_2012.pdf] Text
final_B1_6_NURLAILI_95327_2342_2012.pdf

Download (344kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis sebagai guru SD Negeri 05 V Suku Bawah khususnya dalam pembelajaran IPS peneliti menemukan beberapa permasalahan di antaranya; 1) proses pembelajaran yang berpusat kepada guru sehingga suasana pembelajaran membosankan bagi siswa, , 2) dalam pembagian kelompok guru jarang sekali memperhatikan ke heterogenan peserta didik sehingga ada dalam satu kelompok itu peserta didik yang tingkat akademiknya tinggi saja, dan yang rendah saja, 3) penilaian yang diberikan dalam belajar kelompok seringkali berupa penilaian kelompok tanpa memperhatikan nilai kemajuan individu kelompok. Untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Kancing Gemerincing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di bidang pendidikan dan pengajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran IPS pada suatu kelas yaitu kelas IV SD. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Kancing Gemerincing pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai ratarata pada siklus I diperoleh rata-rata 71,3 dan pada siklus II rata-rata 79,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Kancing Gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 05 V Suku Bawah Kecamatan Candung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:29
Last Modified: 10 Sep 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23747

Actions (login required)

View Item
View Item