Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota.

Nurlaili, Nurlaili (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURLAILI_52365_2321_2013.pdf] Text
final_B1_6_NURLAILI_52365_2321_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Membaca pemahaman merupakan suatu proses pemahaman makna yang secara aktif melibatkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki dan dihubungkan dengan teks bacaan. Permasalahan tentang rendahnya minat baca menjadi salah satu permasalahan klasik dalam dunia pendidikan Indonesia. Rendahnya minat baca khususnya siswa sangat berpengaruh terhadap perkembangan sumber daya manusia dinegara ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca serta hasil tes setiap tindakan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan Strategi DRTA. Subjek penelitian merupakan guru dan siswa kelas IV SD N 02 Koto Lamo. Menggunakan analisis data kulitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang dicapai dari 30 siswa selama belajar pada siklus I masih dikatergorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat pada penilaian tahap prabaca 59,2, saatbaca 65,5, pascabaca 63 dan pada siklus II penilaian akhir tahap prabaca 87, saatbaca 92, pascabaca 91. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik dari pada siklus I, karena pada siklus II telah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Strategi Directed Reading Thinking Activity(DRTA)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:29
Last Modified: 10 Sep 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23745

Actions (login required)

View Item
View Item