Nurhelma, Nurhelma (2013) Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 01 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURHELMA_58290_1394_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURHELMA_58290_1394_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURHELMA_58290_1394_2013.pdf
Download (402kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti pada pembelajaran IPA SD Negeri 01 Lubuk Alung, ternyata hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru. Guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan guru kurang mempunyai keterampilan dalam mempergunakan alat peraga yang tersedia. Selain itu guru lebih banyak menanamkan konsep ilmu pengetahuan alam yang bersifat hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajara siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri di kelas V SD Negeri 01 Lubuk Alung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis pendekatan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri atas empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Lubuk Alung yang terdiri dari 34 orang siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri adalah: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari skor RPP siklus I 78,5% kriteria baik dan siklus II meningkat menjadi 89% kriteria baik, aspek guru siklus I 73% kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 87,5% kriteria baik, aspek siswa siklus I 67% kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 89% kriteria baik. Rata-rata kognitif siklus I 66 kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 80 kriteria baik, afektif siklus I 67,5% kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 87% kriteria baik, psikomotor siklus I 68,5% kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 87% kriteria baik. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23741 |