Ilham, Wahyu (2012) Hubungan Metode Demonstrasi Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Las Listrik Di Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_wahyu_ ilham_06261_160_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_wahyu_ ilham_06261_160_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_wahyu_ ilham_06261_160_2013.pdf
Download (679kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode demonstrasi
terhadap hasil belajar mata diklat las listrik di kelas X jurusan teknik mesin SMK
N 2 batusangkar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu metode
demonstrasi sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y.
hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara metode demonstrasi dengan hasil belajar mata diklat
las listrik di kelas X jurusan teknik mesin SMK Negeri 2 Batusangkar.
Populasi dalam penelitian ini adalah 73 siswa jurusan teknik mesin di SMK
Negeri 2 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel yang
digunakan sebanyak 42 siswa menggunakan rumus Riduwan dengan metode
random sampling, Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket
penelitian. Data yang dikumpulkan tersebut lalu dianalisis secara statistic dengan
teknik korelasi dengan Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan
SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 16,00.
Hasil dari analisis diperoleh bahwa terdapat hubungan metode demonstrasi
terhadap hasil belajar dengan koefesien korelasi determinasi sebesar 17,80%,
harga koefesien korelasi sebesar 0,422, jadi hipotesis diterima karena nilai rhitung >
rtabel (0,422 >0,304) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara metode
demonstrasi dengan hasil belajar pada mata diklat las listrik kelas X di SMK
Negeri 2 Batusangkar, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi cukup.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi
memberikan hubungan terhadap hasil belajar mata diklat las listrik. Dengan
demikian, diharapkan kepada guru untuk lebih meningkatkan metode belajar
dengan menggunakan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:26 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23740 |