Isham, Nurhayati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 32 Kecamatan Padang Timur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURHAYATI_ISHAM_09617_1368_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURHAYATI_ISHAM_09617_1368_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURHAYATI_ISHAM_09617_1368_2012.pdf
Download (528kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah yang ada di SD Negeri 32 Kecamatan Padang Timur Padang. Masalahnya terdapat pada pencapaian hasil belajar siswa nkelas IV SD Negeri 32 Kecamatan Padang Timur dalam pembelajaran IPA, yang mana penyampaiannya berupa teori sewhingga konsep materinya kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru lebih bersifat penyampaian dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsisksn peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Negeri 32 Padang Timur Padang. Pendekatan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah yang digunakan Kualitatif dan kuantitatif dua siklus empat tidakan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 32 Padang Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran siklus I adalah 75% sedangkan pada siklus II 96%. Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I 79,75% sedangkan pada siklus II 90,36%. Pelaksanaan pembelajaran siswa siklus I 74,9% sedangkan siklus II 85,5%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada : (1) rata-rata skor aspek kognitif pada siklus I 66,9% sedangkan siklus II 78,9%, (2) rata-rata skor afektif pada siklus I adalah 69,9% sedangkan pada siklus II 77,9%, (3) rata-rata aspek psikomotor pada siklus I adalah 65,5% sedangkan pada siklus II 80,7%. Dalam pembelajaran IPA di SD 32 Padang timur dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa bertambah meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23735 |