Komparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning Dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di SMK Negeri 2 SolokKomparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning Dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Solok

Erinaldo, Okky (2017) Komparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning Dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di SMK Negeri 2 SolokKomparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning Dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_OKKY_ERINALDO_1302385_3039_2017.pdf] Text
B1_05_OKKY_ERINALDO_1302385_3039_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar Teknik Elektronika Dasar pada siswa kelas X jurusan Teknik
Audio Video di SMKN 2 Solok masih tergolong rendah. Hal ini diduga karena
pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode pembelajaran
langsung, dimana proses belajar mengajar didominasi oleh guru sedangkan siswa
hanya memfungsikan indera penglihatan dan pendengarannya saja dari penjelasan
yang diberikan oleh guru didepan kelas, sehingga pembelajaran menjadi tidak
efektif. Populasi yang diteliti adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Audio
Video di SMKN 2 Solok yang terbagi dalam 3 kelas. Variabel yang diteliti adalah
hasil belajar Teknik Elektronika Dasar siswa kelas X jurusan TAV semester
genap SMKN 2 Solok yang diukur menggunakan tes hasil belajar untuk
mengetahui hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen I dan eksperimen II.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada perbedaan hasil belajar Teknik Elektronika Dasar antara siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions
dan yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning,
terbukti dari hasil uji t dengan nilai t
iv

hitung
= 3,13 > t
= 2,030. Hasil belajar
Teknik Elektronika Dasar yang diajar menggunakan model pembelajran Student
Teams Achievement Divisions lebih baik dari pada yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, terbukti dari ratarata

hasil belajar sebesar 80,83 pada kelompok eksperimen I dan 77,74 pada
kelompok eksperimen II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions lebih
baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik
Elektronika Dasar, sehingga pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisions dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar yang
membutuhkan pemecahan masalah melalui diskusi. Penelitian ini hanya mengkaji
sisi kognitif semata, sedangkan aspek afektif dan psikomotor belum dikaji secara
mendalam. Oleh karena itu perlu penelitian serupa dengan variabel yang lebih
kompleks yaitu hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotornya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS, PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, EKPERIMEN I, EKSPERIMEN II, KOMPARASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:42
Last Modified: 09 Sep 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item
View Item