Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Simetris Dengan Pendekatan Matematika Reaalistik di kelas IV SD Negeri 05 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Nurhayati, Nurhayati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Simetris Dengan Pendekatan Matematika Reaalistik di kelas IV SD Negeri 05 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURHAYATI_57131_34_2013.pdf] Text
final_B1_6_NURHAYATI_57131_34_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun datar simetris di kelas IV SD Negeri 05 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran bangun datar simetris guru belum menggunakan benda konkret dan tidak beranjak dari permasalahan nyata yang dekat dengan siswa,yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar bangun datar simetris dengan pendekatan matematika realistik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan matematika realistik. Langkah- langkah pendekatan matematika realistik yaitu: 1) tahap pendahuluan (mengeksplorasi dunia nyata), 2) tahap pengembangan model simbolik, 3) tahap penjelasan dan alasan, 4) tahap penutup (matematisasi dan aplikasi) . Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 05 Kinali kabupaten Pasaman Barat Tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian siklus I aspek perencanaan diperoleh hasil dengan ratarata 82%, pelaksanaan dari aspek guru dengan rata-rata 71% dan dari aspek siswa dengan rata-rata 67%, tahap hasil belajar tes individual siswa dengan ratarata 67%, hasil tes afektif dengan rata-rata 68%,hasil tes psikomotor dengan ratarata 71%. Sedangkan pada siklus II aspek perencanaan diperoleh hasil 97%, pelaksanaan dari aspek guru 89% dan dari aspek siswa 86%, tahap hasil belajar tes individual siswa meningkat menjadi rata-rata 90,3%, hasil tes afektif 82%. Tes Psikomotor 80%.. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Matematika Realistik pada materi bangun datar simetris dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 05 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bangun Datar Simetris Dengan Pendekatan Matematika Reaalistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:41
Last Modified: 09 Sep 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23729

Actions (login required)

View Item
View Item