Yanda, Wahyu Dwi (2021) Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru Dalam Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Lima Orang Siswa SMA di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WAHYU_DWI_YANDA_16058056_5852_2021.pdf [thumbnail of B1_4_WAHYU_DWI_YANDA_16058056_5852_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WAHYU_DWI_YANDA_16058056_5852_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan aplikasi ruang guru dalam
pembelajaran di masa pandemi covid-19. Saat ini dunia pendidikan
mendapat masalah cukup serius adanya virus Covid-19 yang melanda,
sehingga siswa membutuhkan media pembelajaran tambahan untuk
meningkat motivasi belajar, salah satu media pembelajaran yang dapat
digunakan di masa pandemi Covid-19 ini adalah aplikasi ruangguru. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan ruangguru dalam
pembelajaran oleh siswa SMA di masa pandemi.
Dalam menganalisis penelitian ini peneliti mengunakan teori Struktural
Fungsionalisme yang dikembangkan oleh Robert K. Merton, Menurut teori
Merton ini ada dua fungsi yaitu fungsi Manifes dan fungsi laten dari kedua
fungsi tersebut peneliti menganalisis fungsi manifes dan laten dari
pemanfaatan aplikasi ruangguru oleh siswa SMA di masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
Studi Kasus. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling teknik
ini yaitu memilih informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh
peneliti dengan jumlah informan 19 orang. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan
Huberman.
Hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa ada 3 bentuk
pemanfaataan aplikasi ruangguru bagi siswa SMA di kota Padang: (1)
Pemanfaatan video pembelajaran ruangguru dan kuis, (2) Pemanfaatan Bank
Soal dan pembahasan Soal, (3) Pemanfaatan Fitur Ruangles Online dan
Roboguru. Sedangkan dampak dari pemanfaatan Aplikasi Ruangguru oleh
lima siswa SMA di Kota Padang mengalami peningkatan dari nilainya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Ruangguru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23726 |