Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di SMA Adabiah 1 Padang.

Syafrinal, Syafrinal (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di SMA Adabiah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SYAFRINAL_12832_1278_2013.pdf] Text
final_B1_7_SYAFRINAL_12832_1278_2013.pdf

Download (879kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar siswa.Semakin tinggi prestasi belajar, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilanpembelajaran. Pembelajaran yang aktif akan meningkatkan kreatifitas pola pikirsiswa dalam memahami suatu konsep. Salah satu upaya untuk meningkatkanaktivitas belajar siswa sehingga dapat menghilangkan kebosanan untuk belajaradalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif tipe tutorsebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya terhadap hasil belajar kimia siswa padamateri tata nama senyawa dan persamaan reaksi, karena adanya pengaruh aktivitassiswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester Itahun ajaran 2012/2013 di SMA Adabiah 1 Padang yang terdiri dari 9 kelas.Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakanteknik random sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelaseksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian dan diperoleh kelas X5sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan datadilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihatbahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebayamemiliki nilai rata-rata (64,10) yang lebih tinggi secara signifikan jikadibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional(57,02). Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung =2,59 dan ttabel = 1,67 artinya thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwadengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya hasilbelajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajarankonvensional pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X diSMA Adabiah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:39
Last Modified: 09 Sep 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item
View Item