Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN. 52 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Nurhasni, Nurhasni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN. 52 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURHASNI_09584.pdf] Text
final_B1_6_NURHASNI_09584.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang dicapai kurang memuaskan dan belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperatifve Learning Tipe Jigsaw di kelas IV SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu: 1) pembentukan kelompok asal (menempatkan siswa dalam Tim), siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang, 2) membaca, tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda, 3) pembentukan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, guru menugaskan siswa dari setiap kelompok yang mendapat tugas yang sama untuk membuat kelompok yang baru yang selanjutnya disebut kelompok ahli, 4) laporan kelompok asal (Tim), meminta siswa bergabung kembali ke dalam kelompok asalnya, siswa berdiskusi dalam kelompok asalnya untuk menjelaskan topik yang telah dibahas dalam kelompok ahli, 5) kuis, guru memberi evaluasi, guru memberikan tes kepada masing-masing kelompok asal tentang topik yang telah dibahas, 6) penghargaan tim, guru memberikan penghargaan kepada kelompok asal yang memperoleh nilai tertinggi. Melalui pembelajaran seperti itu menuntut siswa untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil yang didapat pada pengamatan Perencanaan yaitu 80,36 pada siklus I meningkat menjadi 92,86 pada siklus II, Pelaksanaan terhadap aktivitas guru yaitu 75 meningkat menjadi 95 pada siklus II, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 57,50 pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II. Nilai rata-rata 22 siswa pada skor dasar 5,80 Hasil belajar yang didapat pada siklus I yaitu 72,98 menjadi 85,91 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:38
Last Modified: 09 Sep 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23720

Actions (login required)

View Item
View Item