Efektivitas Penggunaan Kahoot Terhadap Penguasaan Hiragana Bagi Siswa SMA

Putri, Vinda Wulandari (2021) Efektivitas Penggunaan Kahoot Terhadap Penguasaan Hiragana Bagi Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_VINDA_WULANDARI_PUTRI_17180050_5666_2021.pdf] Text
final_B1_10_VINDA_WULANDARI_PUTRI_17180050_5666_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas penggunaan Kahoot terhadap
penguasaan Hiragana bagi siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan efektivitas penggunaan Kahoot terhadap penguasaan hiragana
bagi siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
penelitian eksperimen semu dan desain penelitian posttest only control group
design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMAN 12 Padang yang belajar
Bahasa Jepang sebanyak 226 orang. Sedangkan untuk pengambilan sampel peneliti
menggunakan kelas XI IPS 3 dan XI IPS 5 SMAN 12 Padang sebanyak 78 orang.
Instrument tes berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan
bahwa penguasaan Hiragana pada siswa kelas XI SMAN 12 Padang dengan
menggunakan media Kahoot berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai ratarata
87,62. Sedangkan pada kelas tanpa menggunakan Kahoot berada pada
kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 78,22. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka
disimpulkan bahwa Kahoot efektif karena nilai thitung > ttabel (2,96 > 1,69).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hiragana, Kahoot
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:38
Last Modified: 09 Sep 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23717

Actions (login required)

View Item
View Item