Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Katakana Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Azriska, Vanda Yulia (2023) Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Katakana Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_VANDA_YULIA_AZRISKA_18180038_799_2023.pdf] Text
final_B1_10_VANDA_YULIA_AZRISKA_18180038_799_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab kesulitan belajar
katakana pada siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar bahasa jepang di kelas XI sebanyak
125 siswa di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah
sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil
penelitian ini ditemukan bahwa faktor eksternal lebih berpengaruh terhadap kesulitan
belajar katakana dengan hasil sebesar 50,95% sedangkan faktor internal hanya
berpengaruh sebesar 49,05%. Berdasarkan dari semua indikator faktor internal
(kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan motivasi, cara belajar) masuk ke dalam
kategori “tinggi”, indikator cara belajar merupakan indikator yang memiliki
persentase paling rendah, dengan demikian cara belajarlah yang paling memiliki
pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar katakana. Pada indikator
faktor eksternal (keluarga, sekolah, masyarakat) masuk ke dalam kategori “tinggi”,
akan tetapi indikator masyarakat memiliki persentase paling rendah, berdasarkan hal
tersebut faktor masyarakat yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap penyebab
kesulitan belajar katakana.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, internal dan eksternal, katakana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:37
Last Modified: 09 Sep 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item
View Item