Nurhelena, Nurhelena (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 03 Pauh Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURHALENA_99270_2355_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURHALENA_99270_2355_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURHALENA_99270_2355_2012.pdf
Download (572kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 03 Pauh, guru kelas IV dalam mengajarkan matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada luas bangun datar melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Langkah-langkah pembelajaran konstruktivisme, yaitu: (1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, (2) pemerolehan pengetahuan baru, (3) pemahaman pengetahuan, (4) menerapakan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, dan (5) melakukan refleksi. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran luas bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ada 4 tahap PTK antara lain: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata ketiga aspek pertemuan 1 dan 2 adalah 68,83. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata ketiga aspek pertemuan 1 dan 2 adalah 85,67. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Kontruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23711 |