Yeni, Nurfri (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURFRI_YENI_56704_2577_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURFRI_YENI_56704_2577_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURFRI_YENI_56704_2577_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 25 Lubuk Alung masih didominasi oleh guru dan belum menggunakan pendekatan yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn yang tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 25 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman dengan jumlah siswa 18 orang, yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus satu dua kali pertemuaan dan siklus dua satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang dapat dilihat dari perolehan yang terus meningkat dari siklus I 78,57% dengan katagori baik menjadi siklus II 97 % dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru siklus I 76,38 % dengan kategori baik, Ke siklus II menjadi 92,94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 72,21% dengan katagori baik menjadi siklus II 88,88% dengan katagori sangat baik. Pada hasil belajar juga mengalami peningkatan siklus I 69,5 dengan katagori cukup siklus II menjadi 80,85 dengan katagori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:16 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23708 |