Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Konstruktivis pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 08 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Aziwaty, Nurdini (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Konstruktivis pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 08 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURDINI_AZIWATY_93633_2034_2013.pdf] Text
final_B1_6_NURDINI_AZIWATY_93633_2034_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan yang tepat. pembelajaran hanya didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, sementara siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Hal itu membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan proses belajar siswa melalui pendekatan konstruktivis di kelas IV SD dalam pembelajaran PKn. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PTK yang dilakukan dengan prosedur PTK dengan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 08 batang anai dengan subjek terteliti siswa kelas IV yang berjumlah 39 orang. Hasil penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diperoleh guru pada siklus I rata-rata 78% dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 91%. Sementara pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I rata-rata 72% dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 90%. Dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa pada siklus I rata-rata 69% pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 85%. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I 74 pada siklus II meningkat rata-rata 82. Dengan melihat hasil pemerolehan tersebut maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 08 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivis
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:57
Last Modified: 09 Sep 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item
View Item