Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bola Planel di Taman Kanak-kanak Pertiwi Lareh Kabupaten Lima Puluh Kota

Febriani, Devi (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bola Planel di Taman Kanak-kanak Pertiwi Lareh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_A_DEVI_FEBRIANI_1110521_3697_2013.pdf] Text
final_B1_9_A_DEVI_FEBRIANI_1110521_3697_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Lareh masih rendah, anak mengalami kesulitan dalam mengenal kata, membaca tulisan sederhana dan hanya bisa melafalkan huruf tanpa mengenal bentuk huruf. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan Bola Planel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang menjadi subjek penelitian adalah anak didik Taman Kanak-kanak Pertiwi Lareh Kecamatan Lareh Sago Halaban khususnya kelompok B1 dengan jumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik persentase.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak. Setelah diadakan siklus I, kemampuan membaca anak sudah mengalami peningkatan tetapi masih belum optimal, Maka dilanjutkan siklus
II. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan pada siklus II, dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan Bola
Planel. Maka dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Bola Planel sangat cocok diterapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:56
Last Modified: 09 Sep 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23698

Actions (login required)

View Item
View Item