Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas V SDN 20 Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Nurdiana, Nurdiana (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas V SDN 20 Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURDIANA_54292_2139_2015.pdf] Text
final_B1_6_NURDIANA_54292_2139_2015.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di Kelas V SDN 20 Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam cenderung didominasi oleh guru dan ketika pembelajaran IPA berlangsung belum menerapkan konsepsi berpikir secara ilmiah serta belum melaksanakan keterampilan-keterampilan yang ada dalam pembelajaran IPA untuk mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah dengan menemukan sendiri fakta, konsep dan prinsip ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana peningkatan pembelajaran IPA dengan pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), hasil lembaran pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Scientific dari aspek guru, siswa dan evaluasi. Sumber data adalah proses penerapan pendekatan Scientific dalam pembelajaran IPA di kelas V. Subjek peneliti adalah guru, praktisi dan siswa kelas V SDN 20 Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari: a) perencanaan siklus I pertemuan 1 dengan persentase 71,42% dan pertemuan 2 85,71% dengan rata-rata 78,56, siklus II pertemuan 1 92,8 % dan pertemuan 2 96.42% dengan rata-rata 96,41, b) pelaksanaan siklus I aspek guru pertemuan 1 85% dan pertemuan 2 90% dengan rata-rata 87,5, dan siklus II pertemuan 1 90% dan pertemuan 2 95% dengan rata-rata 92,5, aspek siswa siklus I pertemuan 1 65% dan pertemuan 2 75% dengan rata-rata 70, dan siklus II pertemuan 1 85%, pertemuan 2 90% dengan rata-rata 87,5, c) hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 66,9 dan pertemuan 2 74,5 dengan rata-rata 70,7, dan siklus II pertemuan 1 80,4 dan pertemuan 2 88,7% rata-rata meningkat menjadi 84,55. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 20 Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:49
Last Modified: 09 Sep 2025 02:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item
View Item