Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 04 Baringin Kec. Koto Tangah Kota Padang

Nurbani, Nurbani (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 04 Baringin Kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURBANI_90251_4633_2014.pdf] Text
final_B1_6_NURBANI_90251_4633_2014.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SD Negeri 04 Baringin, bahwa kualitas pendidikan IPS belum tampak memuaskan dari hasil belajar siswa. Dari segi proses pembelajaran, guru pada umumnya hanya menggunakan pembelajaran cara pradigma lama, sehingga hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Baringin Kec. Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menarasikan hasil observasi kegiatan guru dan siswa dan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menyajikan data hasil belajar siswa dalam bentuk angka. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian RPP terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I 66% menjadi 90% pada siklus II. Penilaian aktivitas guru 73% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Aspek siswa 66% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Hasil belajar siswa untuk aspek Kognitif 65% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II, aspek afektif dari 72% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, dan pada aspek psikomotor 73% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 04 Baringin Kec. Koto Tangah Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:48
Last Modified: 09 Sep 2025 02:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23692

Actions (login required)

View Item
View Item