Peningkatan Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita tentang Perbandingan dengan Metode Pemecahan Masalah di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tamiang Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat.

Washli, Nur (2012) Peningkatan Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita tentang Perbandingan dengan Metode Pemecahan Masalah di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tamiang Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NUR_WASHLI_93573_3181_2012.pdf] Text
final_B1_6_NUR_WASHLI_93573_3181_2012.pdf

Download (414kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tamiang Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan. Siswa kurang memahami maksud soal, apa yang diketahui, dan ditanyakan. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan setiap kali diberikan suatu permasalahan dalam bentuk soal cerita tentang perbandingan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk rencana, dan pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tamiang Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dibidang pendidikan dan pengajaran menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan dengan metode pemecahan masalah di kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I memperlihatkan bahwa skor rata-rata aspek kognitif 64%, psikomotor 69% dan afektif 69%, sedangkan hasil penelitian siklus II memperlihatkan skor rata-rata aspek kognitif 94%, psikomotor 81% dan afektif 81%. Skor rata-rata perencanaan pembelajaran pada siklus I 97% dan siklus II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:23
Last Modified: 09 Sep 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item
View Item