Salimah, Nur (2014) Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op di kelas IV SDN 09 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NUR_SALIMAH_56972_6105_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NUR_SALIMAH_56972_6105_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NUR_SALIMAH_56972_6105_2014.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran IPS di kelas IV SDN 09 Air Pacah. Pembelajaran IPS juga tidak terlaksana secara efektif dan efesien bahkan siswa menganggap IPS merupakan pelajaran yang membosankan. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu dari guru dan siswa. Dari segi guru, pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan model konvensional dan kurang melibatkan siswa. Dari segi siswa, kurangnya keterlibatan dalam belajara. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dapat aktif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan model kooperatif tipe co-op co-op di kelas IV SDN 09 Air Pacah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus. Siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil penelitian pada rancangan pembelajaran siklus I diperoleh skor 80,36 sedangkan siklus II meningkat menjadi 92,8 %. Pada pelaksanaan pembelajaran, skor aktivitas guru siklus I diperoleh 79,15% dan siklus II meningkat menjadi 91,6 %, skor aktivitas siswa siklus I diperoleh 78,12%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 87,50%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh skor 77,63%, siklus II meningkat menjadi 85,52%. Dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 09 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23685 |