Pratama, Derry Angga (2018) Pengaruh Variasi Gigi pada Gear Reduksi trhadap Daya dan Torsi Sepeda Motor Honda Beat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_DERRY_ANGGA_PRATAMA_1206406_3543_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_DERRY_ANGGA_PRATAMA_1206406_3543_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_DERRY_ANGGA_PRATAMA_1206406_3543_2018.pdf
Download (976kB)
Abstract
Upaya meningkatkan daya sepeda motor pada sistem CVT sepeda motor matic sudah banyak dilakukan, salah satunya bisa dilakukan dengan memvariasikan sistem pemindahan tenaga yaitu dengan cara pergantian gear reduksi standar dengan gear reduksi racing. Pada umumnya gear reduksi racing yang beredar dipasaran memiliki banyak variasi. Salah satu fungsi dari pergantian gear reduksi racing adalah bertujuan menghasilkan total perbandingan putaran yang ideal antara poros engkol dan roda belakang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk mengungkapkan variasi gear reduksi (ukuran 43 : 13 dan 44 : 14) terhadap daya dan torsi sepeda motor Honda Beat dan setelah itu membandingkannya dengan gear reduksi standar. Pengujian dilakukan sebanyak tiga kali percobaan, dengan putaran mesin 3500 RPM, 4500 RPM, 5500 RPM, 6500 RPM dan 7500 RPM. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata dan persentase peningkatan. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa variasi gear reduksi (ukuran 43 : 13 dan 44 : 14) secara keseluruhan dapat meningkatkan daya dan torsi sepeda motor Honda Beat. Setelah dilakukan analisa data untuk melihat seberapa besar pengaruh yang dihasilkan, ternyata penggunaan gear reduksi ukuran 43 : 13 terhadap torsi menunjukkan peningkatan yang stabil dengan peningkatan tertinggi pada putaran 6500 dan 7500 RPM yaitu, naik 30,45% dan 30,66%. Sedangkan pada putaran 3500 RPM turun sebesar -8,91% dan penggunaan gear reduksi ukuran 44 : 14 menunjukan peningkatan torsi yang paling besar yaitu pada putaran 6500 dan 7500, meningkat sebesar 15,54% dan 19,70%. Dan penggunaan gear reduksi ukuran 44 : 14 juga menujukan peningkatan daya paling besar pada putaran 7500 yaitu, naik 19,19% Sedangkan pada putaran 6500 RPM penggunaan gear reduksi ukuran 43 : 13 menunjukan peningkatan daya yang paling besar yaitu, meningkat 30,71%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VARIASI GIGI, VARIASI GIGI, DAYA DAN TORSI SEPEDA MOTOR HONDA BEAT |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 00:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 00:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23674 |