Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 2 Painan

Antoni, Deri (2017) Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_DERI_ANTONI_1302741_5566_2017.pdf] Text
final_B1_09_DERI_ANTONI_1302741_5566_2017.pdf

Download (350kB)

Abstract

Kreativitas belajar siswa adalah kemampuan berpikir siswa dalam belajar atau pada proses belajar mengajar. Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa dari usaha belajar yang diukur dengan tes dalam bentuk angka untuk mengukur penguasaan siswa terhadap tujuan pengajaran. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang menunjukkan Seringnya siswa cepat bosan pada saat proses belajar mengajar sehingga kondisi kelas kurang kondusif, Siswa menerima apa adanya pelajaran pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, siswa cenderung pasif dan tidak tertarik pada materi yang disampaikan oleh guru, siswa sering malas dalam belajar di kelas maupun di rumah, sehingga sulitnya siswa menyelesaikan masalah/tugas yang diberikan guru dan kurangnya hasil ujian mid semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Alat pengumpul data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberatian korelasi. Temuan penelitian tentang kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar yaitu: (1) persentase kreativitas belajar adalah 73,28 % dan termasuk kategori cukup tinggi. (2) persentase hasil belajar adalah 70,55 % dan termasuk kategori cukup baik. (3) kreativitas berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu dengan klasifikasi harga r hitung > r tabel (0.446 > 0.304), dengan arti kata terdapat hubungan cukup kuat (0,446) antara keduanya yang berarti. Dengan keberartian t hitung 3.1514> t tabel 2.021 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada pihak sekolah maupun guru untuk dapat menumbuh kembangkan kreativitas belajar siswa yang nanti berimbas pada hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2025 00:44
Last Modified: 09 Sep 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item
View Item