Pengaruh Perbandingan Penggunaan Roller Racing dengan Roller Standard terhadap Daya dan Torsi pada Motor Matic

Putra, Deno Revian (2018) Pengaruh Perbandingan Penggunaan Roller Racing dengan Roller Standard terhadap Daya dan Torsi pada Motor Matic. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_DENO_REVIAN_PUTRA_1206445_1061_2018.pdf] Text
final_B1_09_DENO_REVIAN_PUTRA_1206445_1061_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dibidang transportasi berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk mendapatkan unjuk kerja terbaik pada kendaraannya khususnya pada sepeda motor. Sepeda motor mempunyai performance yang baik, jika mensinya menghasilkan daya dan torsi yang maksimal sesuai dengan volume dan jumlah silindernya. Sepeda motor matic yang diproduksi saat ini menggunakan system CVT (Continuously Variable Transmission). Salah satu faktor yang mempengaruh dari performance motor matic terletak pada system kinerja transmisi. Pengujian dilakukan pada sepeda motor Beat Pop 110 cc. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan dibengkel DRACO_RACING Jl. Durian No. 21 C, Pekanbaru Riau, dengan menggunakan alat dyno test, untuk pengujian daya dan torsi Pengambilan data dilakukan sebanyak 3 kali pada setiap sampel. Pengujian dimulai dari sepeda motor menggunakan Roller Standard kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Roller Racing. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata dari penggunaan Roller Standard dengan Roller Racing. Daya tertinggi menggunakan Roller standard pada putaran mesin rata-rata maksimal 1500 rpm sebesar 4,93 HP sedangkan menggunakan Roller racing pada putaran mesin rata-rata maksimal 1500 rpm sebesar 5,13 HP sehingga terjadi peningkatan daya sebesar 0,24 HP. Torsi tertinggi menggunakan Rollerstandard pada putaran mesin rata-rata 1500 rpm sebesar 24,87 N.m sedangkan menggunakan Rollerracing pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 25,89 N.m sehingga terjadi peningkatan torsi sebesar 1,02 N.m. Menggunakan uji t hasilnya signifikan terhadap penggunaan Roller racing berpengaruh terhadap daya dan torsi. Kemudian penggunaan roller racing hasilnya signifikan terhadap daya dengan nilai t hitung 3,386 HP yang lebih besar dari ttabel 2.776. kemudian penggunaan roller racing hasilnya signifikan terhadap torsi dengan nilai t hitung 5,176 N.m yang lebih besar dari ttabel 2.776. Harga ttabel yang digunakan adalah pada taraf signifikan 5 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN PENGGUNAAN ROLLER RACING, ROLLER STANDARD, DAYA DAN TORSI MOTOR MATIC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2025 00:44
Last Modified: 09 Sep 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item
View Item