Hubungan Persepsi Siswa tentang Interaksi Guru dengan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Menggunakan Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang

Vernando S, Deno (2013) Hubungan Persepsi Siswa tentang Interaksi Guru dengan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Menggunakan Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_DENO_ VERNANDO_87784_498_2013.pdf] Text
final_B1_09_DENO_ VERNANDO_87784_498_2013.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang peneliti lakukan selama melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Padang. Rendahnya hasil belajar siswa mata diklat menggunakan alat ukur kelas X Teknik Kendaraan Ringan, tidak terlepas dari beberapa faktor-faktor yang memepengaruhi hasil belajar siswa. Melalui penelitian yang berjudul hubungan persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat menggunakan alat-alat ukur kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Padang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa tahun ajaran 2010-2011 Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 98 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 50 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata diklat penggunaan alat ukur diperoleh dari nilai akhir murni dari guru mata diklat penggunaan alat ukur semester genap tahun ajaran 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, di uji dengan mengunakan uji t. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,6737 > 0,279) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (8,546 > 1,678) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat menggunakan alat ukur kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI GURU DENGAN SISWA, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2025 00:44
Last Modified: 09 Sep 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23671

Actions (login required)

View Item
View Item