Rahmad, Zul Iqbal (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_ZUL_IQBAL_RAHMAD_1302773_204_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_ZUL_IQBAL_RAHMAD_1302773_204_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_ZUL_IQBAL_RAHMAD_1302773_204_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
XI TKR SMK Negri 1 Padang dalam mata pelajaran Kelistrikan Kendaraan
Ringan yang terdapat pada kompetensi dasar 3.2 yaitu memahami sistem
pengapian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan
peningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Padang dalam
mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dan seluruh siswa
kelas XI TKR A SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 27 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan
soal tes. Lembar observasi berguna untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru
selama proses pembelajaran berlangsung yang meliputi kegiatan pada saat guru
menyampaikan materi atau konsep dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif jigsaw dan soal tes digunakan untuk mengetahui penguasaan siswa
terhadap materi yang telah dipelajari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan meningkat pada
setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai tiap siklus. Pada siklus I
aspek aktifitas siswa yaitu berada pada kualifikasi cukup (64,40%) dan hasil
belajar (post test) berada pada kualifikasi baik (76,44%). Pada siklus II aspek
aktifitas siswa berada pada kualifikasi baik (80,92%) dan hasil belajar (post test)
berada pada kualifikasi baik (82,22%). Peningkatan hasil belajar yang terjadi dari
siklus I menuju siklus II yaitu (5,78%) dan pada aspek aktifitas siswa terjadi
peningkatan (16,52%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan XI TKR SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 09:14 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 09:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23660 |