Pengaruh Aplikasi Japanese Dungeon Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMA Adabiah 2

Tama, Teguh Prananda (2022) Pengaruh Aplikasi Japanese Dungeon Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMA Adabiah 2. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_TEGUH_PRANANDA_TAMA_18180035_4999_2022 .pdf] Text
final_B1_10_TEGUH_PRANANDA_TAMA_18180035_4999_2022 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala siswa dalam menguasai
Hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi Japanese
Dungeon efektif dalam penguasaan hiragana siswa kelas X IPS SMA Adabiah 2
Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen
semu. Desain yang digunakan posstest only control group design. Populasi dalam
penelitian yaitu seluruh siswa X IPS 1 dan X IPS 3 SMA Adabiah 2 Padang yang
yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dari penilitian ini adalah
random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa gabungan dari
kelas X IPS 1 dan X IPS 3 yang menjadi kelas eksperimen dan 25 siswa gabungan
dari kelas X IPS 1 dan X IPS 3 untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes objektif 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukan
nilai nilai signifikansi yaitu 0,418 > 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa H1
diterima.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Japanese
Dungeon efektif terhadap penguasaan hiragana siswa SMA Adabiah 2 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hiragana, Media, Japanese Dungeon
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 08 Sep 2025 09:04
Last Modified: 08 Sep 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23648

Actions (login required)

View Item
View Item