Nuramna, Nuramna (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas V SD Negeri 06 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NUR AMNA_58357_107_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NUR AMNA_58357_107_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NUR AMNA_58357_107_2013.pdf
Download (334kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Sungai Aur dalam pembelajaran gaya magnet yang masih berupa teori sehingga konsep materi yang bersangkutan masih kurang dipahami oleh siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat pengenalan materi dan menuntut kemampuan hafalan materi siswa. Padahal pembelajaran gaya magnet dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa, magnet sering mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang cara meningkatkan pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Inkuiri bagi siswa kelas V SDN 06 Sungai Aur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat langkah tindakan, yaitu langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 06 Sungai Aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, observasi, dan tes. Hasil penelitian siklus I pada aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh skor 64,9 % dan pada siklus II memperoleh skor 78 % dengan peningkatan sebesar 13,1 %. Penilaian aspek guru pada siklus I memperoleh skor 65 %, sedangkan pada siklus II memperoleh skor 70 % dengan peningkatan sebesar 5 %. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 06 Sungai Aur. Hal ini dapat dilihat pada 1) rata-rata skor aspek kognitif pada siklus I adalah 66 % dengan kriteria ”kurang” 2) rata-rata skor aspek afektif pada siklus I adalah 73 % dengan kriteria ”kurang”, 3) rata-rata skor aspek psikomotor siklus I adalah 76,84 % dengan kriteria ”cukup”. Rata-rata skor pada siklus II dapat meningkat dapat dilihat pada : 1) rata-rata skor aspek kognitif pada siklus II adalah 91 % dengan kriteria ”sangat baik”, 2) rata-rata skor aspek afektif pada siklus II adalah 83 % dengan kriteria ” baik”, 3) rata-rata skor aspek psikomotor pada siklus II adalah 84 % dengan kriteria ”baik”. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Inkuiri ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 06 Sungai Aur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, metode ingkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:57 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23640 |