Novitri, Novitri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang – Layang Dengan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SD Negeri 25 Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOVITRI_52391_3613_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOVITRI_52391_3613_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOVITRI_52391_3613_2016.pdf
Download (679kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran luas trapesium dan layang – layang yang belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam pembelajaran luas trapesium dan layang – layang guru hanya membuat gambar bangun trapesium serta menulis rumusnya di papan tulis sehingga hasil belajar yang diinginkan tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menemukan luas trapesium dan layang – layang dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, masing – masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penilaian yang digunakan adalah penilaian kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran luas trapesium dan layang – layang dengan pendekatan kontruktivisme. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 25 Pasir Tiku sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : a) rata – rata perencanaan siklus I 82,5 kriteria baik, sedangkan rata - rata siklus II 92,5 kriteria sangat baik rata – rata meningkat 10, b) rata – rata pelaksanaan pada aktifitas guru siklus I 77,5 kriteria cukup siklus II 90 kriteria sangat baik meningkat 12,5, aktifitas siswa 77,5 kriteria cukup siklus II 90 kriteria sangat baik meningkat 12,5 , c) rata – rata hasil belajar siklus I 61,35 criteria kurang siklus II 82,35 dengan criteria baik meningkat 21. Berarti pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang – layang di kelas V SDN 25 Pasir Tiku.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Luas Trapesium Dan Layang Layang dengan Pendekatan Kontruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23633 |