Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuri (SPI) di Kelas V SD Negeri 41 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Qomara, Novita (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuri (SPI) di Kelas V SD Negeri 41 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOVITA_QOMARA_15658_4652_2014.pdf] Text
final_B1_6_NOVITA_QOMARA_15658_4652_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang dilakukan guru belum berangkat dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu, guru jarang mengajak dan memotivasi siswa untuk berpikir memecahkan suatu masalah, sehingga siswa merasa kurang tertarik dalam belajar IPA mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan SPI di kelas V SD Negeri 41 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan SPI. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti dan siswa kelas V sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : (a) perencanaan, siklus I yaitu 78,57%. Siklus II 91,07%, meningkat 12,5%, (b) pelaksanaan aspek guru pada siklus I yaitu 68,75%, siklus II 87,50%, meningkat 18,75%. Aspek siswa siklus I 68,75%, siklus II 87,50%, meningkat 18,75%, (c) hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 71,48%, siklus II 81,37%, meningkat 9,89%. Berarti, strategi pembelajaran Inkuiri (SPI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 41 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuri (SPI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:47
Last Modified: 08 Sep 2025 06:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23629

Actions (login required)

View Item
View Item