Buhanda, Deki Prima (2016) Persepsi Siswa tentang Pendidikan Karakter Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_DEKI_PRIMA_BUHANDA_55633_4987_2016.pdf [thumbnail of final_B1_09_DEKI_PRIMA_BUHANDA_55633_4987_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_DEKI_PRIMA_BUHANDA_55633_4987_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kementerian Pendidikan Nasional sudah mencanangkan penerapan pendidikan karakter untuk semua tingkat pendidikan formal maupun informal. Pelaksanaan pendidikan karakter dapat melalui pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) persepsi siswa tentang pendidikan karakter Program Keahlian Otomotif SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman dan (2) tingkat pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Populasi penelitan ini adalah kelas X dan XI Program Keahlian teknik Otomotof SMKN 1 Bonjol, Kab. Pasaman dengan jumlah 119 orang. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling, dengan jumlah 55 orang. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan angket yang sudah diujicobakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) persepsi siswa tentang pendidikan karakter dalam bentuk pengintegrasian melalui pembelajaran di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman 80,69% berada pada kategori baik, (2) persepsi siswa tentang pendidikan karakter dalam bentuk pengembangan budaya sekolah di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman 81,85% berada pada kategori baik, (3) persepsi siswa tentang pendidikan karakter dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman 76,34% berada pada kategori cukup baik, (4) persepsi siswa tentang pendidikan karakter dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman 80,42% berada pada kategori baik, dan (5) rata-rata pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman adalah 79,83% (cukup baik). Untuk itu, pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Bonjol perlu lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN KARAKTER |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 06:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23626 |