Sarni, Novimi (2012) Pengaruh Demonstrasi dengan Peralatan Sederhana Diiringi Dengan Pertanyaan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas XI Semester II SMAN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOVIMI SARNI_00313.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOVIMI SARNI_00313.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOVIMI SARNI_00313.pdf
Download (305kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa selama pembelajaran berlangsung. Sebagian besar siswa hanya menerima apa yang dijelaskan guru tanpa mau bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diberikan. Akibatnya hasil belajar fisika siswa rendah. Mengatasi masalah tersebut maka diperlukan strategi pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran yang diberikan adalah demonstrasi dengan peralatan sederhana diiringi pertanyaan probing prompting. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan demonstrasi dengan peralatan sederhana diiringi dengan pertanyaan probing prompting. Hasil belajar yang diteliti berupa ranah Kognitif, ranah Afektif. Tujuan di atas, maka dilakukan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini diambil siswa kelas XI di SMAN 2 Pancung Soal yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling untuk kedua kelas. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, sedangkan ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Hasil penelitian pada ranah kognitif 71,00 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67,28. Dilihat dari ranah afektif, kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol nilai rata-rata kelas eksperimen 74,18 sedangkan kelas kontrol 61,45 yang dapat dilihat dari grafik yang terus meningkat tiap pertemuan. Hasil uji t untuk ranah Kognitif dan ranah Afektif menunjukkan perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, hipotesis kerja yang berbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti hasil belajar fisika menggunakan strategi demonstrasi dengan peralatan sederhana diiringi dengan pertanyaan probing prompting terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan” pada ranah Kognitif secara kuantitatif serta ranah Afektif secara kualitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Strategi demonstrasi dengan peralatan sederhana diiringi dengan pertanyaan probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Demonstrasi, Peralatan Sederhana Diiringi Dengan Pertanyaan Probing Prompting |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:45 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 06:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23623 |