Kontribusi Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP

Aulia, Dedy (2018) Kontribusi Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_DEDY_AULIA_1106951_4549_2018.pdf] Text
final_B1_09_DEDY_AULIA_1106951_4549_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah masih kurangnya penggunaan internet sebagai sumber belajar mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta belum optimalnya hasil belajar yang diraih oleh mahasiswa jurusan teknik otomotif angkatan 2015, dimana hasil belajar yang diperoleh masih banyak dibawah kriteria yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa jurusan teknik otomotif FT-UNP. Penulis berasumsi bahwa terdapat korelasi penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 yang terdaftar aktif di Jurusan Teknik Otomotif FT- UNP berjumlah 137 orang dan sampel diambil dari teknik sample random sampling pengambilan dilakukan dengan cara undian atau acak sehingga sampel yang diperoleh menjadi 58 orang. Data yang digunakan berupa angket model rating scale(skala bertingkat) yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari pencapaian mahasiswa selama masa studi. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan program microsoft excel 2007 for windows. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh tingkat pencapaian penggunaan internet sebagai sumber belajar sebesar 92,97% tergolong pencapaian sangat baik, sedangkan hasil belajar 83,95% tergolong pencapain baik . Koefesien korelasi antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar yaitu rxy hitung > r tabel (0,456>0,254) tergolong dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan uji keberartian korelasi didapat thitung >ttabel (4,322>2,003) pada taraf signifikan 5%. Artinya dapat dikatakan bahwa penggunaan internet sebagai sumber memberikan korelasi yang berarti dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa sehingga hipotesis Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Pada pengujian determinasi menunjukkan penggunaan internet memberikan kontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar yaitu sebesar 20% dan 80% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONTRIBUSI PENGGUNAAN INTERNET, SUMBER BELAJAR, HASIL BELAJAR MAHASISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:34
Last Modified: 08 Sep 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item
View Item