Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran 8 IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 02 Teratak Teleng Kecamatan Bayang Utara

Sari, Novia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran 8 IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 02 Teratak Teleng Kecamatan Bayang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOVIA_SARI_57031_652_2013.pdf] Text
final_B1_6_NOVIA_SARI_57031_652_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 02 Teratak Teleng Kecamatan Bayang Utara.Hal ini terjadi kerena kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sehingga pembelajaran kurang bermakna dan membosankan bagi siswa dan pada akhirnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah.untuk mengatasi hal tersebut dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri menekankan pada proses berfikir siswa untuk mencari sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang yang dilkasnakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. , penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Teratak Teleng Kecamatan Bayang Utara.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari perencanaan penilaian RPP siklus I pertemuan I diperoleh nilai 71% , pertemuan II, 79% . Sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai 89%, pertemuan II 93%. Pelaksanaan pembelajaran IPA dari aspek guru pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai 63 %, pertemuan II 75 %, sedangkan siklus II pertemuan I diperoleh nilai 88%, pertemuan II 95%. Dari aspek siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai 63%, pertemuan II, 71 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai 83%, dan pertemuan II 92 %. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dari ketiga aspek, kognitif, afektif, psikomotor diperoleh nilai rata- rata 66,05 sedangkan pada Siklus II siswa memperoleh nilai rata- rata dari ketiga aspek tersebut 78,77. Dengan demikian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Teratak Teleng Kecamatan Bayang Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:32
Last Modified: 08 Sep 2025 04:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item
View Item