Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran Praktikum dengan Hasil Belajaran Sistem Starter dan Pengisian Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sijunjung

Artono AR, Davit (2012) Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran Praktikum dengan Hasil Belajaran Sistem Starter dan Pengisian Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_DAVIT_ARTONO_AR_87785_2590_2012.pdf] Text
final_B1_09_DAVIT_ARTONO_AR_87785_2590_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang peneliti lakukan selama melakukan PPL-K Pendampingan di SMK Negeri 2 Sijunjung. Rendahnya hasil belajar pada mata diklat sistem starter dan pengisian siswa kelas III Teknik Kendaraan Ringan, tidak terlepas dari komponen-komponen/aspek- aspek yang terdapat pada proses pembelajaran praktikum. Melalui penelitian yang berjudul hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran praktikum dengan hasil belajar sistem starter dan pengisian kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Sijunjung, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran pratikum dengan hasil belajar siswa 2011/2012 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Sijunjung. Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tahun ajaran 2011/2012 Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 49 orang, Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 33 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Alat pengumpul data adalah angket model skala likert yang telah diuji validitasnya. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,361 > 0,344) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (2,585 > 1,697) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran pratikum dengan hasil belajar siswa tahun ajaran 2011/2012 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIKUM, HASIL BELAJAR SISTEM STARTER, PENGISIAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:31
Last Modified: 08 Sep 2025 04:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23606

Actions (login required)

View Item
View Item