Suganda, Yoga (2016) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Discrepancy pada Mata Diklat Mesin Konversi Energi Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan SMK Negeri 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_YOGA_SUGANDA_4260_2016.pdf [thumbnail of final_B1_09_YOGA_SUGANDA_4260_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_YOGA_SUGANDA_4260_2016.pdf
Download (327kB)
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat Mesin Konversi Energi di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gunung Talang yang sebelumnya belum pernah dilakukan evaluasi terhadap mata
diklat tersebut. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui keberhasilan sebuah pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat dibuatkan keputusan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan komponen perencanaan dan implementasi pelaksanaan
pembelajaran mata diklat Mesin Konversi Energi ditinjau dari input, proses, dan hasil.Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Responden penelitian ini adalah seluruh
siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gunung Talang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 40 orang untuk data kuantitatif dan guru mata diklat untuk responden data kualitatif.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen perencanaan mendapat penilaian kurang (59,58%). Selanjutnya, komponen implementasi bagian input mendapat penilaian kurang (57,10%) dan terjadi kesenjangan. Sedangkan untuk
implementasi bagian proses mendapat penilaian kurang (55,47%) dan terjadi kesenjangan. Begitu juga dengan implementasi bagian hasil mendapat penilaian tidak baik (48,30%) dan terjadi kesenjangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perencanaan dan implementasi bagian input, proses, dan hasil pada pelaksanaan pembelajaran mata diklat MKE terjadi kesenjangan. Untuk itu perlu
dilakukan perbaikan dan peningkatan agar kesenjangan yang terjadi dapat diperbaiki dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata diklat MKE di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gunung Talang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:31 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23605 |