Kurniawan, Yoga Muhammad (2022) Analisis Keefektifan Catalytic Converter Berbentuk Spiral Berbahan Aluminium Dengan Berbahan Stainless Steel Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Revo FI 110 CC. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_YOGA_MUHAMMA_KURNIAWAN_18073137_4505_2022.pdf [thumbnail of final_B1_09_YOGA_MUHAMMA_KURNIAWAN_18073137_4505_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_YOGA_MUHAMMA_KURNIAWAN_18073137_4505_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Peningkatan kebutuhan manusia terhadap transportasi sepeda motor di indonesia,
menyebabkan terjadinya peningkatan emisi gas buang yang berasal dari knalpot sepeda
motor. Salah satu zat emisi yang dihasilkan sepeda motor adalah Carbon monoksida
(CO) dan Hidrokarbon (HC) yang sifatnya beracun dan sangat berbahaya bagi
kesehatan. Ada salah satu bentuk usaha mengurangi emisi gas buang CO dan HC pada
kendaraan sepeda motor dengan penambahan katalis di saluran buang sepeda motor.
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa keefektifan katalis dalam menurunkan
emisi gas CO dan HC pada sepeda motor menggunakan knalpot katalis Aluminium dan
katalis Stainless Steel.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksprimen. Pengujian ini dilakukan
pada tanggal 23-24 Juni 2022 dengan menggunakan sepeda motor Honda Revo FI 110
CC 2018 pada putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm dengan 3 kali
pengambilan data pada masing-masing putaran. Pengujian dimulai dari knalpot standar
kemudian dilanjutkan menggunakan knalpot memakai katalis Aluminium dan Stainless
steel.
Hasil penelitian menunjukan keefektifan dalam menurunkan emisi gas buang
carbon monoksida(CO) pada sepeda motor Honda Revo FI 110 CC. Dengan keefektifan
paling tinggi di RPM 1500 (idle) pada katalis stainless steel dengan hasil rata-rata
pengujian 0,24 % dengan selisih keefektifan 0,10 % dengan persentase keefektifan
sebesar 29,41 % dengan suhu pada exhaust 72˚. Emisi zat gas buang hidro karbon(HC)
dengan keefektifan paling tinggi terdapat pada RPM 1500 (idle) pada katalis aluminium
dengan hasil rata-rata pengujian 89,66 PPM dengan selisih sebesar 58 PPM dengan
persentase keefektifan sebesar 39,28 % dengan suhu pada exhaust 69˚, keefektifan
dalam menurunkan gas CO dan HC Terdapat di RPM 1500 (idle).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:30 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23602 |