Andriani, Novia (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Strategi Pertanyaan Menggali bagi Siswa Kelas V SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOVIA ANDRIANI_52446_314_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOVIA ANDRIANI_52446_314_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOVIA ANDRIANI_52446_314_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar dalam pembelajaran khususnya berbicara sering didominasi oleh guru, siswa tidak berani jika disuruh berbicara di depan kelas karena merasa takut dan malu. Selain itu strategi Pertanyaan Menggali ini belum pernah digunakan oleh guru dalam pembelajaran berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD.Fenomena ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan strategi Pertanyaan Menggali meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menggali dilaksanakan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru SDN 36 Balai Ahad kec.Lubuk Basung tahun ajaran 2011/2012. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menggali dalam proses pembelajaran dapat meningkat dalam 2 siklus pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri 36 Balai Ahad. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian RPP siklus I 65 dan siklus II 87,5. Sedangkan hasil penilaian aktivitas guru siklus I dengan skor 68,7 dan siklus II dengan skor 87,5. Pada aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 68,7 dan skor perolehan aktivitas siswa pada siklus II adalah 89,5. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menggali dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 36 Balai Ahada Kecamatan Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Strategi Pertanyaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23591 |