Putra, Ilma (2018) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_ILMA_PURA_1302736_02_2019.pdf [thumbnail of final_B1_9_ILMA_PURA_1302736_02_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_ILMA_PURA_1302736_02_2019.pdf
Download (928kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 8 Padang. Penelitian ini adalah termasuk kedalam penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK 8 Padang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan kepada 30 siswa di SMK 8 Padang. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis,uji koefisien korelasi dan uji keberartian koefisien korelasi dengan dengan korelasi pearson product momen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMK N 8 Padang, diperoleh koefisien korelasi r hitung (0,724) > r tabel (0,355) serta t hitung (5,652) > t tabel (1,699) pada taraf signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan SMK N 8 Padang, diperoleh koefisien Korelasi r hitung (0,825) > r tabel ( 0,355) serta t hitung (7,86) > t tabel (1,699) pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa, metode mengajar, hasil belajar, teknik kendaraan ringan, SMK Negeri 8 Padan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:37 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23589 |