Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus Dan Balok Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kampung Parit Kabupaten Agam

Zarnadi, Novi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus Dan Balok Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kampung Parit Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOVI_ZARNADI_52557_90_2013.pdf] Text
final_B1_6_NOVI_ZARNADI_52557_90_2013.pdf

Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat penguasaan materi pembelajaran volume kubus dan balok di SDN16 Kampung Parit. Karena guru masih mendominasi proses pembelajaran tanpa melibatkan siswa secara aktif. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Kampung Parit salah satu alternatifnya adalah Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan, pelaksanaan dan hasil belajar volume kubus dan balok melalui pendekatan CTL bagi siswa SDN 16 Kampung Parit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 16 Kampung Parit dengan subyek penelitian siswa kelas V yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap-tiap siklus memuat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan tiap – tiap pertemuan yaitu penilaian RPP dan lembaran observasi yang mencangkup penilaian aspek guru, aspek siswa, aspek kognitif, afektif dan psikomotor . Dari hasil analisis nilai yang diperoleh siswa pada siklus I dan II terlihat adanya peningkatan hasil belajar, dimana pada siklus I pertemuan I persentase RPP : 75%, aspek guru : 71%, aspek siswa : 61%, siklus I pertemuan II persentase RPP : 78%, aspek guru : 78.5%, aspek siswa : 71% ketuntasan hasil belajar siklus I nilainya adalah 68%, sedangkan pada siklus II pertemuan I RPP : 89.3%, aspek guru : 89%, aspek siswa : 82%. Siklus II pertemuan II RPP : 89.3%, aspek guru : 93%, aspek siswa : 96.4% ketuntasan hasil belajar siklus II nilainya adalah 80%. Hal itu menunjukan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan keberhasilan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatan pembelajaran matematika pada materi volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:23
Last Modified: 08 Sep 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item
View Item